Tata Cara Transfer Kuliah D3 Ke S1 (Alih Jenjang D3 Ke S1)

Tata Cara Transfer Kuliah D3 Ke S1 (Alih Jenjang D3 Ke S1)

Bagi anda Lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke S1 biasa disebut Alih Jenjang D3 Ke S1 atau Studi Lanjut D3 Ke S1 bagi lulusan D3 yang ingin Transfer  Kuliah D3 Ke S1 maka ketentuannya seperti di bawah ini:

– Lulusan D3 / Politeknik dan sederajat
– Masa studi : 3 – 4 semester (1,5 – 2 tahun)
– Beban Studi SKS yang harus ditempuh : 52 – 72 sks
– Beban Studi SKS yang diakui / disetarakan : 92 – 72 sks

Catatan: Masa Studi, Beban studi dan Jumlah yang diakui/disetarakan tergantung kepada Jurusan D3 dan S1 yang akan diambil. Jika D3 dan S1 sama (Contoh: D3 Teknik Mesin ke S1 Teknik Mesin, atau D3 Akuntansi ke S1 Akuntansi)  maka maksimal Beban Studinya adalah 52 sks dalam waktu 3 semester.

Tata Cara Transfer Kuliah D3 Ke S1 (Alih Jenjang D3 Ke S1)

Bagi lulusan D3 yang ingin Transfer  Kuliah D3 Ke S1 (Alih Jenjang D3 Ke S1), maka tata caranya adalah sebagai berikut ini:

- Datang Ke Bagian Pendaftaran dengan menyerahkan Berkas Pendaftaran (Lihat Berkas Pendaftaran di bawah ini)
- Membayar Uang Pendaftaran Rp. 150.000
- Mengisi Formulir Pendaftaran
- Mengikuti Ujian Tertulis
- Wawancara dengan Ketua atau Sekretaris Program Studi
- Pengumuman Hasil Tes dan Jumlah SKS yang harus diambil
- Jika dinyatakan diterima, maka anda bisa langsung membayar Biaya Studi Awal (Lihat Biaya Studi Di Bawah Ini)
- Selesai, dan anda tinggal menunggu Acara Pengarahan dan Pelantikan Mahasiswa Baru

A. BERKAS PENDAFTARAN
Berkas Pendaftaran adalah:

- Materai 10000 satu lembar 
- Fotocopy KTP 1 lembar
- Foto Ukuran 3 x 4 = 2 lembar (Wanita dengan latar belakang Biru & Laki-laki dengan latar belakang Merah)
- Ijazah Asli dan legalisir Ijazah 3 lembar. 
- Transkrip Nilai Asli dan Transkrip nilai 3 lembar.

B. BIAYA KULIAH

PROGRAM SARJANA (S1)
Biaya Kuliah Program Studi: Managemen dan Akuntansi sebagai berikut :

  • Biaya Pembayaran Pertama: Rp. 750.000,-
  • Uang Kuliah Per Semester: Rp. 3.600.000,-
  • Uang Kuliah Sudah termasuk Uang BPP, Uang SKS, Ujian (UTS, UAS), Praktikum dan Registrasi.
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu  semester: Rp. 600.000,- per bulan

Biaya Kuliah Program Studi: Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Sipil sebagai berikut: :
  • Biaya Pembayaran Pertama: Rp. 750.000,-
  • Uang Kuliah Per Semester: Rp. 3.000.000,-
  • Uang Kuliah Sudah termasuk Uang BPP, Uang SKS, Ujian (UTS, UAS), Praktikum dan Registrasi.
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu  semester: Rp. 500.000,- per bulan


Informasi Pendaftaran dan Biaya Kuliah KLIK DISINI
 

SILAHKAN BERTANYA

INFORMASI TERBARU

Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun 2025/2026

Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun 2025/2026

Berikut ini beberapa informasi untuk Pendaftaran Kelas Karyawan Universitas Nusa Megarkencana Yogyakarta, yaitu: 1. BIAYA PENDAFTARAN Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru adalah Program Sarjana (S1): Rp. 150.000,- 2. JADWAL PENDAFTARAN : GELOMBANG I : 24 Maret – 24 Mei 2025 GELOMBANG II : 26 Mei – 19 Juli 2025 GELOMBANG III : 21 Juli - 6 September 2025 - Pengarahan Mahasiswa baru : 13 September 2025- Kuliah Perdana : 15 September 2025 PENDAFTARAN ONLINE KLIK DISINI 3. TEMPAT PENDAFTARAN Jl. A.M. Sangaji No.49, Cokrodiningratan, Kecamatan. Jetis, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55233Telepon : 081227555787 4. WAKTU PENDAFTARAN Senin s/d Sabtu: Jam 09.00 – 17.00 WIB *Catatan: Hari libur nasional untuk pendaftaran tutup. 5. SYARAT PENDAFTARANPendaftaran mahasiswa baru dilakukan ditempat pendaftaran dengan cara sebagai berikut: Membayar biaya pendaftaran Mengisi Formulir Pendaftaran Mengisi Form Surat Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan Menyerahkan Berkas Pendaftaran. Berkas Pendaftaran adalah: Scan KTP 1 lembar Scan Kartu Keluarga 1 lembar Scan Foto Ukuran 3 x 4 = 1 lembar  Untuk Lulusan SMU/SMK/Paket C /sederajat: Scan Ijazah asli atau di legalisir 1 lembar. Scan SKHUN asli atau di legalisir 1 lembar. Untuk Lulusan Diploma D-3/Politeknik/sederajat: Scan Ijazah atau di legalisir 1 lembar. Scan Transkrip Nilai Asli atau di legalisir 1 lembar. Scan Terdaftar di PDDIKTI (Status Lulus) Untuk Pindahan: Transkrip nilai Asli dari PTN/PTS asal dan Fotocopy Transkrip nilai 3 lembar yang sudah di cap basah. Scan Ijazah SMU/K  atau di Legalisir Ijazah 3 lembar Scan SKHUN atau di legalisir SKHUN 3 lembar Surat keterangan pindah  dari Universitas ybs sudah di cap basah. Scan Terdaftar di PDDIKTI (Status Mengundurkan Diri/Mutasi) Catatan: Semua Persyaratan Pendaftaran bisa menyusul

Lihat selengkapnya

PERMINTAAN BROSUR

PENDAFTARAN ONLINE

FOLLOW INSTAGRAM

DOWNLOAD BROSUR

IKUTI SALURAN WA KAMI

Alamat Kampus 
Jl. A.M. Sangaji No.49, Cokrodiningratan, Kecamatan. Jetis, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Info Wa 24 Jam : 081252224407
Telp : 081227555787, 081227555747