S1 Sistem Informasi

S1 Sistem Informasi


Program Studi S1 Sistem Informasi adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Nusa Megarkencana dengan keterangan sebagai berikut:

S1 SISTEM INFORMASI
Terakreditasi : BAIK

MASA STUDI:
a. Lulusan D3 dan Sederajat untuk Ekstensi D3 Ke S1:
– Lulusan D3 / Politeknik dan sederajat
– Masa studi : 3 – 4 semester (1,5 – 2 tahun)
– Beban Studi SKS yang harus ditempuh : 52 – 72 sks
– Beban Studi SKS yang diakui / disetarakan : 92 – 72 sks

b. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Masa studi : 8 semester (4 tahun)
– Beban Studi SKS yang harus ditempuh : 144 sks

Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar
 
WAKTU KULIAH
Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:
- Kelas Malam: Senin – Jumat: Jam 18.00 – 20.30 WIB + E-Learning
- Kelas Sabtu Pagi: Jam 07.00 – 14.30 WIB + E-learning
- Kelas Sabtu Siang: Jam 14.30 – 22.00 WIB  + E-learning
 
E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.
 
ALAMAT KAMPUS
- Jl. A.M. Sangaji No.49, Cokrodiningratan, Kecamatan. Jetis, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
 
BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARAN
Informasi Biaya Kuliah dan Pendaftaran Mahasiswa KLIK DISINI

S1 SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS NUSA MEGARKENCANA:

Visi Universitas Nusa Megarkencana:

“Pada tahun 2026 menjadi perguruan tinggi yang dikenal di tingkat nasional dalam pengembangan technopreneurship dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan”

Misi Universitas Nusa Megarkencana:

  1. Mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan adaptif yang dapat menghasilkan lulusan yang menguasai literasi baru.
  2. Mengembangkan penelitian multidisiplin ilmu dan teknologi terapan yang mendukung pertumbuhan usaha skala kecil
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penerapan IPTEKS yang berkelanjutan
  4. Mengembangkan tata kelola universitas yang responsif terhadap perubahan lingkungan yang dinamis

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan dengan profil yang sesuai dengan kebutuhan dalam pembangunan perekonomian yaitu dibekali dengan kemampuan technoprneurship dan penguasaaan ekosisitem bisnis digital
  2. Menerapkan IPTEKS untuk kepentingan atau pemberdayaan masyarakat, khususnya usaha kecil atau usaha rintisan berbasis teknologi
  3. Mendorong pengembangan masyarakat di era digital yang mengarah ke digital citizenship yang positif dan kreatif untuk kepentingan nasional dan kesejahteraan masyarakat
  4. Menerapkan tata kelola institusi dan program studi yang modern, cerdas, dan adaptif terhadap dinamika lingkungan


PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI 

Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Megarkencana menyiapkan lulusannya untuk menguasi pengetahuan, dan keterampilan dalam berbagai aspek yang berhubungan dengan teknologi informasi dan manajemen informasi, khususnya pada area Pemrograman Web dan Sistem Enterprise Resources Planning. Dengan demikian, tujuan utama program studi Sistem Informasi adalah menghasilkan lulusan yang mampu memahami, merancang, mengembangkan, dan mengelola proyek – proyek Pemrograman Web dan ERP.

GAMBARAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
Progam Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Megarkencana dirancang untuk mendukung transformasi digital seluruh aspek kehidupan di Indonesia. Transformasi digital akan mengakselerasi pertumbuhan Investasi dan Ekonomi Nasional menuju Indonesia Emas 2045. Prodi Sistem Informasi UNMEKA difokuskan pada bidang Pemrograman Web dan ERP. Pada bidang Pemrograman Web, lulusan Sistem Informasi dibekali kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan pemrograman web yang mencakup berbagai aspek mulai dari desain antarmuka pengguna hingga pengembangan backend dan manajemen database. Pada bidang ERP, lulusan dibekali dengan pengetahuan dan praktik keterampilan dalam merencanakan, merancang, mengimplementasikan, dan mengoperasionalkan sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aspek bisnis. Termasuk dalam keahlian ERP ini mencakup: pemahaman bisnis proses, manajemen proyek, analisis dan disain sistem, pengetahuan teknis, manajemen perusahaan serta keterampilan komunikasi.

PEO :

  1. Menghasilkan lulusan yang menjadi praktisi Pemrograman Web dan sistem ERP, wirausahawan bidang Teknologi Informasi yang memenuhi standar kompetensi kerja yang disyaratkan.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi dalam pengembangan dan penerapan teknologi baru dalam industri atau masyarakat
  3. Praktisi bidang Sistem Informasi yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, mampu berkolaborasi, kreatif, memahami etika profesi, sadar akan hukum dan perundangan yang berlaku, bertindak sebagai problem solver, serta berpikiran terbuka
  4. Praktisi yang mampu berkembang dan belajar seumur hidup untuk melanjutkan Pendidikan formal maupun non formal

PROFIL LULUSAN
  1. Lulusan memiliki kemampuan menganalisis, merancang, membuat, dan melakukan evaluasi sistem informasi yang selaras dengan tujuan organisasi (IS2020)
  2. Lulusan memiliki kemampuan memahami, menerapkan dan mengintegrasikan model sistem, menggunakan metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (IS2020)
  3. Mengenal bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk keperluan umum dan bahasa pemrograman untuk manipulasi dan definisi data.
  4. Mampu menyusun urutan dan pengaturan data untuk memudahkan pengguna data dalam pemanfaatan data 
  5. Mampu memastikan software ERP yang diterapkan di Perusahaan bekerja dengan baik dan efisien.
  6. Memahami keahlian coding dan software untuk bisa mempelajari program-program baru yang akan digabungkan dalam sistim ERP di perusahaan 
  7. Mempunyai kemampuan mengelola dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis dengan platform terpadu untuk memungkinkan berbagai fungsi bekerja secara efisien.
  8. Profesional Global: Berjiwa nasionalis, betaqwa kepada Tuhan YME dengan wawasan Global untuk selalu mengembangkan dirinya untuk senantiasa dapat bekerja sesuai dengan tuntutan kemajuan jaman dan teknologi dengan tetap mempertahankan budaya dan kearifan local bangsa Indonesia.


DOSEN PENGAJAR

- Arief Budi Pratomo, M.M.S.I., S.Kom
- Dhiana Ekowati, M.M., S.E.
- Eliya Isfaatun, M.M., S.E.
- Luluk Kholisoh, Dr., M.M., S.Si
- Maria Magdalena Pur Dwiastuti, M.M., S.E.
- Nurul Azmi, M.M.S.I., S.E.
- Rini Susilawati, M.M S.S
- Siwi Lastari, M.M., S.E.
- Sri Darini, MSi., Dra.
- Sri Supadmini, Dr., M.M., S.E.
- Supardi, M.M., Drs.
- Untara, Dr., M.M., S.E.
- Winanto Nawarcono, M.M., S.E.
- Yuri Murdo, MSi., Drs.

SILAHKAN BERTANYA

INFORMASI TERBARU

Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun 2025/2026

Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun 2025/2026

Berikut ini beberapa informasi untuk Pendaftaran Kelas Karyawan Universitas Nusa Megarkencana Yogyakarta, yaitu: 1. BIAYA PENDAFTARAN Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru adalah Program Sarjana (S1): Rp. 150.000,- 2. JADWAL PENDAFTARAN : GELOMBANG I : 24 Maret – 24 Mei 2025 GELOMBANG II : 26 Mei – 19 Juli 2025 GELOMBANG III : 21 Juli - 6 September 2025 - Pengarahan Mahasiswa baru : 13 September 2025- Kuliah Perdana : 15 September 2025 PENDAFTARAN ONLINE KLIK DISINI 3. TEMPAT PENDAFTARAN Jl. A.M. Sangaji No.49, Cokrodiningratan, Kecamatan. Jetis, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55233Telepon : 081227555787 4. WAKTU PENDAFTARAN Senin s/d Sabtu: Jam 09.00 – 17.00 WIB *Catatan: Hari libur nasional untuk pendaftaran tutup. 5. SYARAT PENDAFTARANPendaftaran mahasiswa baru dilakukan ditempat pendaftaran dengan cara sebagai berikut: Membayar biaya pendaftaran Mengisi Formulir Pendaftaran Mengisi Form Surat Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan Menyerahkan Berkas Pendaftaran. Berkas Pendaftaran adalah: Scan KTP 1 lembar Scan Kartu Keluarga 1 lembar Scan Foto Ukuran 3 x 4 = 1 lembar  Untuk Lulusan SMU/SMK/Paket C /sederajat: Scan Ijazah asli atau di legalisir 1 lembar. Scan SKHUN asli atau di legalisir 1 lembar. Untuk Lulusan Diploma D-3/Politeknik/sederajat: Scan Ijazah atau di legalisir 1 lembar. Scan Transkrip Nilai Asli atau di legalisir 1 lembar. Scan Terdaftar di PDDIKTI (Status Lulus) Untuk Pindahan: Transkrip nilai Asli dari PTN/PTS asal dan Fotocopy Transkrip nilai 3 lembar yang sudah di cap basah. Scan Ijazah SMU/K  atau di Legalisir Ijazah 3 lembar Scan SKHUN atau di legalisir SKHUN 3 lembar Surat keterangan pindah  dari Universitas ybs sudah di cap basah. Scan Terdaftar di PDDIKTI (Status Mengundurkan Diri/Mutasi) Catatan: Semua Persyaratan Pendaftaran bisa menyusul

Lihat selengkapnya

PERMINTAAN BROSUR

PENDAFTARAN ONLINE

FOLLOW INSTAGRAM

DOWNLOAD BROSUR

IKUTI SALURAN WA KAMI

Alamat Kampus 
Jl. A.M. Sangaji No.49, Cokrodiningratan, Kecamatan. Jetis, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Info Wa 24 Jam : 081252224407
Telp : 081227555787, 081227555747